BERFIKIR SEJENAK DEMI MASA DEPAN

March 24, 2007

… Kendalikan saja diri kita sendiri !…

Filed under: hiwar — supraptoe @ 9:16 am

Dr.dr. Tarmidzi Taher, MD:

Tahun-tahun terakhir, umat Islam tampak sering “terluka” akibat perlakuan-perlakuan bengis dunia. Belum lepas dari memori kita saat Rasulullah Saw dilecehkan lewat karikatur salah satu media massa Denmark, belakangan ini datang pula kutipan yang menggemparkan. Adalah Paus, “ulama” Kristen nomor wahid di dunia berkata; bahwa ajaran Muhammad sebenarnya tak ubahnya seperti praktek kanibalisasi. Lantas bagaimana idealnya kita menyikapi semua itu? Simak perbincangan singkat kru La Tansa bersama mantan Menteri Agama R.I, Dr. dr. Tarmidzi Taher, MD di lobi Hotel Pyramida beberapa waktu lalu.

Menanggapi ucapan pedas Paus tentang Islam, bagaimana komentar Bapak sendiri?

Dengan kejadian ini sangat jelas bahwa seorang Paus saja pengetahuan tentang Islamnya masih sangat minim, masih parah, apalagi para pengikutnya. Ini menunjukkan antara kita dan mereka jarang bertemu dalam forum dialog persuasif. Di beberapa tempat terdapat orang-orang berbeda keyakinan yang masuk Islam; kebanyakan mereka adalah orang-orang yang telah mampu membangun dialog terbuka dengan agama lain, di mana? Ya di tempat yang Islamnya mayoritas, contohnya di Indonesia.

Agar tidak disebut agama yang “nrimo” dan tidak pula agama yang suka kekerasan, menurut Bapak bagaimana idealnya sikap umat Islam menanggapi semua itu?

Dalam setiap kesalahan, biasanya saya langsung melihat ke dalam diri kita sendiri. Kalau kita terus-menerus melihat ke “luar”, ya nggak selesai-selesai masalahnya. Wong mereka itu bukan dalam kendali kita; diri kita sendiri yang berada dalam kendali kita seharusnya mampu kita kendalikan. Kita tingkatkan semangat keislaman kita, kita gencarkan lagi informasi “what is Islam” pada mereka.

Kongkretnya?

Kita harus semakin banyak menulis tentang Islam dalam bahasa yang dimengerti mereka, agar mereka baca situs-situs kita. Bahkan, mahasiswa dianjurkan mempunyai website yang bisa di akses oleh orang selain Islam. Makanya, menulislah! dan jangan hanya dengan bahasa Indonesia, pakailah bahasa dunia yaitu bahasa Inggris. [Fan, Him, & Sa]

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: